Tamu di Blog ini

Kamis, 30 Oktober 2008

Chip memori dua gigabit DDR3


Perusahaan elektronik Samsung menyatakan pihaknya mulai memroduksi secara massal chip memori dua gigabit DDR3 dengan menerapkan teknologi 50 nanometer untuk pertama kali di dunia.
Chip memori berdasarkan teknologi proses 50 nanometer ini memiliki kemampuan kecepatan transfer data 1,6 kai lipat lebih cepat (1333 Mbps) daripada produk chip dua gigabit DDR2 dengan teknologi 60 nanometer yang dikembangakn tahun lalu oleh Samsung (kecepatan transfer data 800Mbps per detik).

DDR

DDR atau ‘Double Data Rate’ menandai cara operasi chip memori D Ram. Memori DDR 3 adalah generasi terbaru yang merupakan generasi ketiga DDR.

Istilah

D Ram ‘Dynamic Random Access Memory’ adalah sejenis memori semikonduktor yang memiliki dua tipe, S Ram dan D Ram. S Ram adalah memori yang memegang isi datanya selama listrik tetap berjalan, tetapi D Ram Dinamik (DRAM) membutuhkan operasi tertentu untuk "disegarkan" secara periodik pada waktu listrik dipasok. S Ram dirancang selalu membutuhkan aliran listrik sehingga mengonsumsi daya listrik 2 kali lipat lebih banyak daripada D Ram dan biaya produksinya juga mahal.
D Ram lazimnya dipakai sebagai memori komputer karena bisa menyimpan data saat dipasok listrik secara periodik dalam waktu singkat dan biaya produksinya murah daripada S Ram. D Ram biasanya digunakan di dalam PC dan WorkStation sebagai memori berkapasitas besar. S Ram biasanya digunakan untuk sistem perangkat kecil termasuk laptop, alat pengukur elektronik, dan printer.




2 gigabit DDR3

Klasifikasi memori dari jenis SDR sampai DDR3 ditentukan oleh ‘Bandwith’ yaitu besarnya data yang dapat ditransfer atau diolah dalam waktu satu detik (satuan MB/s atau Megabit perdetik). Yakni kalau dikiaskan dengan jalan raya, SDR bisa diibaratkan dengan jalan yang hanya memiliki satu jalur, DDR memiliki jalan 2 jalur, DDR 2 jalan 4 jalur dan DDR3 jalan 8 jalur.
Kemudian ‘Byte’ berarti kecepatan yang melintasi ‘bandwith’ dalam memori itu. Oleh karena itu, 2 gigabit DDR3 berarti chip memori yang memiliki kapasitas bawah datanya melintasi jalan 8 jalur dengan kecepatan 2 gigabit. Kalau menghitung volume data secara keseluruhan, 2 gigabit DDR3 lebih cepat dariapda 4 giga DDR2. Yakni sama seperti saat arus lalu lintas di jalan yang memiliki 8 jalur akan lebih cepat dan lancar daripada jalan 4 jalur.



2 gigabit DDR3 berdasarkan teknologi 50 nanometer

Teknologi 50 nanometer adalah teknologi untuk membuat semikonduktor terbaru yang memiliki jarak hanya 50 nanometer di antara sirkuit semikonduktor.
1 nanometer adalah 1 per 2.000 dari ukuran rambut. Teknologi proses itu membuat ukuran chip memori lebih kecil. Chip yang diproduksi dengan teknologi 50 nanometer ini memiliki kemampuan dua kali lipat dibanding model chip DDR3 sebelumnya dan lebih hemat energi 40 persen dibanding modul satu gigabit.



Menjadi produsen utama DDR3

Menurut prospek hasil pemeriksan IDC, pasar D Ram DDR3 akan bertumbuh sampai 75 persen dari 29 persen pada tahun 2009. Pangsa pasar produk 2 gigabit dari DDR3 di pasar cepat bertumbuh hingga menjadi 33 persen pada tahun 2011 dari 3 persen sekarang, sehingga akan menjadi produk pokok dalam beberapa tahun kemudian di pasar. Oleh karena itu, Samsung memegang momentum untuk memimpin pasar 2 gigabit DDR 3 di pasar dunia.


1 komentar:

MENDOAN mengatakan...

Kenalan

Rika pinter komputer yakang

Mansur

Posting Komentar