Tamu di Blog ini

Sabtu, 23 Agustus 2008

Foto Panorama 3D dari Microsoft

Pemilik kamera digital Canon dari dulu mungkin tidak pernah merasa kesulitan membuat foto panorama dari beberapa foto yang dimilikinya. Maklum Canon sudah menyertakan aplikasi penjahit bernama PhotoStitch.

Kemudahan seperti itu belum tentu bisa dinikmati pemilik foto digital dari kamera merek lain. Namun jangan kuatir. Microsoft Live Labs baru saja mengumumkan kehadiran Photosynth. Inilah aplikasi yang bisa mengubah foto-foto yang overlap menjadi panorama 3D.

Cara kerjanya begini. Photosynth akan meneliti gambar-gambar yang ada untuk melihat apakah ada kesamaan/kemiripan. Bila ada, informasi tersebut akan diproses untuk memperkirakan bentuk subjek dan titik pandang pengambilan foto. Program kemudian akan bisa menciptakan ulang bidang gambar dan menggunakannya sebagai kanvas untuk menampilkan dan menavigasi foto-foto.

Utiliti baru ini juga membiarkan pengguna melakukan preview cepat dari foto-foto yang megapixel-nya besar tanpa harus menunggu loading thumbnail dari foto-foto dituntaskan.

Ingin tahu lebih lanjut? Coba saja kunjungi blog Photosynth. Di sana dipaparkan panduan fotografi dan tutorial video, walaupun belum sempurna.



kompas

0 komentar:

Posting Komentar