Tamu di Blog ini

Selasa, 19 Agustus 2008

Cara makan ginseng


Ginseng kering



Ginseng merah



Ginseng basah



Cara makan ginseng basah:

1. Cara menggunakan blender

- Cuci ginseng basah
Sebelum diolah, bagian atas ginseng harus dibuang. Kemudian ginseng basah direndam air selama 10 menit karena biasanya ginseng basah berada dalam keadaan agak kering. Setelah itu, cuci ginseng yang telah direndam menggunakan sikat gigi.

- Cara mencampur dengan blender
Biasanya ginseng basah dicampur dengan susu. Caranya, satu gelas susu bercampur dengan ginseng basah 25 - 40g. Ukuran ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Misalnya, untuk mengurangi rasa pahit ginseng, kita bisa menambahkan madu atau gula. Minuman ini juga baik untuk dikonsumsi anak-anak.

2. Cara menambah madu

- Cuci ginseng basah
Cara mencuci ginseng sama dengan nomor 1.

- Cara mencampur dengan madu
Kupas kulit ginseng basah yang telah dicuci. Lalu iris ginseng tipis-tipis, masukkan ginseng itu ke dalam botol yang telah diisi dengan madu (Perbandingan ginseng dengan madu adalah 1 banding 5). Kemudian aduk dengan sendok dan tutup dengan baik. Campuran ginseng-madu ini siap untuk dinikmati. Cara meminumnya bisa dengan mencampurkannya dengan air atau langsung meminumnya sesendok demi sesendok. Jika suka, campuran ginseng-madu ini boleh juga ditambah bubuk ginseng

Cara makan ginseng putih

1. Umum (untuk para pekerja atau pelajar)

- Pertama-tama, masukkan ginseng putih 12 – 20 gram ke dalam teko atau slow cooker (panci listrik). Kemudian isikan air 1.000 ml dan rebus hingga airnya berkurang menjadi 600 ml. Minum airnya setelah dingin. Ginseng ini bisa direbus sampai 3 kali. Jangan buang ginseng setelah direbus satu kali.

2. Buat orang lemah dan sakit – pakai teko khusus obat

- Rebus ginseng putih 20 – 50 gram bersama air 3 liter, jahe 4 gram, kurma 15 – 20 gram (4 biji) hingga airnya berkurang sampai 1 liter. Setelah itu yang direbus dituangkan ke kain bersih dan diperas. Orang dewas minum air ginseng ini 3 kali sehari setelah makan. Anak yang berumur 10 – 15 tahun minum air ginseng setengah dari yang dewasa. Anak di bawah umur 10 tahun minum 1/4 dari yang dewasa.

3. Buat obat kuat – pakai teko tanah liat (tembikar)

- Rebuslah ginseng putih 20 – 50 gram bersama air 3 liter, jahe 4 gram, kurma 15 – 20 gram (4 biji), omija 5 – 10 gram, jinpi 5 – 10 gram dan beras ketan 150 gram hingga airnya berkurang sampai menjadi 1 liter (jika tidak memungkinkan, omija, jinpi dan beras ketan bisa diabaikan). Setelah itu, air rebusan tersebut disaring dengan kain bersih dan diperas. Orang dewasa bisa minum air ginseng ini 3 kali sehari setelah makan. Anak-anak berumur 10 – 15 tahun minum air ginseng sebanyak setengah dari dosis dewasa. Anak di bawah umur 10 tahun minum 1/4 dari dosis dewasa.

* Jika ingin mencampurkan dengan bahan obat tradisional Korea, sebaiknya mengikuti resep dokter tradisional Korea.

Cara makan ginseng merah

1. Minum air ginseng merah dalam jangka waktu pendek (hanya untuk pengobatan)

- Rebus ginseng merah 50 – 60 gram bersama air 1.000 ml, kurma 3 buah, jahe 3 gram hingga airnya berkurang menjadi 350 ml. Minum air ginseng merah ini 2 ~ 3 kali sehari. Anak di bawah usia 15 tahun boleh meminumnya sebanyak setengah dari dosis dewasa. (Jika minum air ginseng merah ini dalam jangka waktu yang lama, maka efeknya akan lebih baik. Sebaiknya minum air ginseng merah ini terus-menerus untuk memperbaiki kesehatan.)

2. Minum air ginseng merah untuk memperbaiki kesehatan

-Rebus ginseng merah 12 – 20 gram bersama air 1.000 ml, kurma 3 biji, jahe 3 gram hingga airnya berkurang menjadi 350 ml. Minum air ginseng merah ini 2 ~ 3 kali sehari. Anak di bawah 15 tahun minum yang setengah dari dosis dewasa. (Jika minum air ginseng merah ini dalam jangka waktu yang lama, maka efeknya akan lebih baik. Sebaiknya minum air ginseng merah ini terus-menerus untuk memperbaiki kesehatan.)

Cara makan bubuk ginseng/bubuk ginseng merah

Cara membuat madu-ginseng atau madu-ginseng merah

- Cara membuat madu-ginseng atau madu-ginseng merah lebih mudah daripada membuat madu-ginseng basah. Masukkan bubuk ginseng ke dalam botol yang telah diisi dengan madu. Kemudian aduk dengan sendok dan tutup dengan baik. Campuran madu-ginseng ini bisa langsung dimakan sebanyak satu sendok makan. Campuran madu-ginseng ini juga bisa diencerkan dengan air kemudian diminum. Bila suka, boleh juga ditambahkan ginseng basah yang utuh. (Saat tamu atau sanak saudara datang ke rumah campuran madu-ginseng ini dapat disajikan sebagai teh ginseng.)


sumber: KORINDO99

0 komentar:

Posting Komentar